RESUME HARI PERTAMA

 

WAWASAN KEBANGSAAN

    Sejarah kemerdekaan indonesia menjadi acuan mendeklarasikan kemerdekan sebuah negara setelah perang dunia ke II selesai. Indonesai juga menjadi tuan rumah dalam konferensi Asia Afrika di bandung yang menjadi tolak ukur sebuah kemerdekaan, Indonesia juga menjadi pembawa perubahan di PBB yang dulunya dikuasi oleh orang" barat setelah tahun '55, salah satu penulis india mengungkapkan bahwa zaman ini adalah pelopor perubahan dunia.

    Kebesaran suatu bangsa ditentukan kualitas, mental dan karakter seuatu bangsa tersebut bukan dari jumlah penduduk maupun luas wilayah suatu bangsa. Faktor yang mempengaruhi sebuah bangsa adalah: Faktor terwariskan atau yang sudah ada sejak sebelum bangsa itu berdiri, yang ke dua faktor human capital (sumber daya manusia). Wilayah geografis indonesia dulunya tergabung kedalam 2 wilayah yaitu sunda land dan australia, maka jenis flora dan fauna indonesia sangatlah beragam. Setelah terjadi pergeseran lempeng akhirnya indonesia terbagi menjadi beberapa pulau yang menyebabkan banyaknya daerah perairan dibanding dengan daratanya yang menghasilkan 20% jenis ikan ada didalam perairan indonesia.

CRITICAL THINKING MENINGKAT MARTABAT BANGSA TERANGKAT

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita tidak kritis terhadap suatu kejadian salah satunya yaitu kurangnya kita bertanya, berfikir kritis juga tidak hanya berkomentar belaka namun kita juga harus menghasilkan sebuah karya.

GENERASI ASYIK TANPA MENGUSIK

    Sebuah perbuatan yang membuat kita tidak nyaman belum tentu hal itu bisa dikatakan sebuah perundungan, karena ketika hal tersebut dilakukan oleh orang yang se jajar dengan kita itu belum bisa dikatakan sebuah perundungan kecuali orang tersebut memiliki sebuah kekuasaan yang dimana dengan kekuasaan tersebut dapat menyudutkan seseorang. Semua kegiatan yang dimaksudkan dan ditujukan untuk merendahkan oleh orang yang memiliki kekuasaan itu yang dinamakan perundungan. Jangan jadikan sebuah perasaan sebagai tolak ukur untuk menilai benar atau salah 

Komentar

Postingan Populer